Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Mata Air Sumber Waras

Kamis, 30 April 2015

Sumber Waras



       Artikel pada koran Surya diatas menunjukkan masa kejayaan mata air Sumber Waras yang ada di Desa Pandesari Kecamatan Pujon Kabupaten Malang yang hingga kini masih di percaya oleh masyarakat membawa kesembuhan bagi orang-orang yang sedang sakit (isi artikel dapat anda baca lebih lanjut di sini). Semua keyakinan tersebut muncul bukan tanpa alasan, beberapa masyarakat percaya datangnya keyakinan masyarakat akan khasiat mata air tersebut dalam menyembuhkan penyakit berawal dari mimpi salah seorang warga bernama Madjuki.
      Saat itu Madjuki mimpi didatangi seseorang yang menyuruhkan untuk membersihkan kawasan tersebut.Dalam mimpi, orang yang tidak dikenal itu mengatakan bahwa tempat ini akan ramai dikunjungi orang. Tanpa pikir panjang keesokan harinya, Madjuki membersihkan lokasi tersebut, namun alangkah terkejutnya saat tiba di lokasi, dia menemukan ada beberapa orang yang sudah mandi di sumber air tersebut.
      Ternyata, orang-orang yang tidak dikenal oleh Madjuki itu juga mendapatkan mimpi didatangi orang yang sama, hanya saja mereka disuruh mandi di tempat tersebut jika ingin sembuh dari penyakit yang dideritanya. Sejak saat itu, suasana sumber air ini selalu ramai dikunjungi orang, bukan hanya warga Pujon namun juga warga dari luar kota, mulai dari Surabaya hingga Madiun. Keyakinan ini muncul setelah mendengar kabar yang beredar dari mulut ke mulut. (dikutip dari Link)
       Terlepas dari semua itu, beberapa warga mengatakan bahwa pernah dilakukan penilitian terhadap air yang keluar dari dalam sumber mata air tersebut. Dari penilitian tersebut didapatkan hasil bahwa kandungan mineral di air yang keluar dari mata air Sumber Waras tersebut sangatlah tinggi. Dan bahkan warga mengatakan bahwak air tersebut bisa langsung di minum. sebagai salah satu objek wisata yang ada di Desa Pandesari memiliki pesona lain yang tidak dapat di pungkiri keindahan dan ketenangannya.


      Mata air Sumber Waras ini berlokasi di Desa Pandesari RT. 1 Tepatnya di Dusun Jurangrejo. Lebih jelas lagi tentang lokasi bisa anda lihat di sini.Untuk menuju ke mata air Sumber Waras inipun anda bisa memilih dua dua rute.
Rute Kebun

Rute Biasa
      Rute kebun bisa dikatan lebih ekstrim karena medan yang tanah tanjakan yang jika hujan akan sangat licin, namun, jika melewati rute ini anda akan bisa melihat pemandangan indah dari bukit bukit berjajar yang membentuk lembah. Melewati rute ini anda hanya butuh waktu 10 menit jalan kaki dari balai dusun Jurangrejo.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading